Sabtu, 10 Desember 2011

Masa Muda

Berilah aku 10 pemuda maka akan kutahlukkan dunia, kata Bung Karno. Yang diambil dari perkataan salah satu sahabat rasulullah saw. yaitu Umar bin Khattab. Apakah hal itu benar? Mungkinkah itu terjadi ? hal itu sangat mungkin sekali apabiala memang pemuda tersebut ialah mememang pemuda yang berkualitas. Karena dalam sejarah sendiri telah banyak tokoh muda yang berarti bagi kehidupan manusia, tidak hanya di luar negeri saja tapi di Indonesiapun peran pemuda sangat berperan dalam sejarah Indonesia.
Di dalam Al Qur’anpun disebutkan beberapa kisah pemuda yang luar biasa, pernakah anda mendengar nama Ashabul Kahfi ? Nama yang tercantum kisahnya dalam Al Qur’anul Karim yang mengisahkan tentang pemuda yang rela mengasingkan diri ke dalam gua, yang mengisahkan bahwa mereka terkurung selama ratusan tahun.
øŒÎ) urr& èpu÷FÏÿø9$# n<Î) É#ôgs3ø9$# (#qä9$s)sù !$uZ­/u $uZÏ?#uä `ÏB y7Rà$©! ZptHôqy ø×Ähydur $oYs9 ô`ÏB $tR̍øBr& #Yx©u ÇÊÉÈ   $oYö/uŽ|Øsù #n?tã öNÎgÏR#sŒ#uä Îû É#ôgs3ø9$# šúüÏZÅ #YŠytã ÇÊÊÈ   ¢OèO öNßg»uZ÷Vyèt/ zOn=÷èuZÏ9 r& Èû÷üt/÷Ïtø:$# 4Ó|Âômr& $yJÏ9 (#þqèWÎ6s9 #YtBr& ÇÊËÈ   ß`øtªU Èà)tR y7øn=tã Nèdr't7tR Èd,ysø9$$Î/ 4 öNåk¨XÎ) îpu÷FÏù (#qãZtB#uä óOÎgÎn/tÎ/ óOßg»tR÷ŠÎur Wèd ÇÊÌÈ  
10. (ingatlah) tatkala Para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada Kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi Kami petunjuk yang Lurus dalam urusan Kami (ini)." 11. Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu (1), 12. kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu (2) yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu). 13. Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.
Serta ingatkah anda dengan sahabat Nabi Muhammad Saw. Yang selalu senantiasa mendukung dakwah rasulullah Saw, siapakah beliau? Beliau adalah Ali bin Abi Thalib ra. Beliau sudah ikut membantu dakwah rasul ketika berumur 8 tahun saat diangkatnya Nabi Muhammad sebagai rasul. Beliau juga diakui kecerdasannya sehingga ia dijadikan kholifah (pemimpin) yang namanya tercantum dalam nama khulafa’ urasyiddin ( pemimpin yang dalam bimbingan). Yang namanya disebutkan oleh Nabi Muhammad saw. bahwa ia adalah kunci dari gudang ilmu (3) .
Serta ingatkah anda dengan sosok Muhammad Al Fatih yang ketika dimasa mudanya ia sudah dapat menciptakan alat tempur yang dapat menghancurkan dinding konstantinompel yang terkenal akan ketangguhan dindingnya dapat dihancurkan dengan alat temuannya yaitu meriam. Dan masih banyak lagi tokoh – tokoh islam yang  masa mudanya berkilau bagaikan bintang. Masih banyak pula orang – orang yang meraih kesuksesan ketika masa mudanya. Misalkan saja pembuat jejaring sosial Facebook   yang mampu mempengaruhi masyarakat seluruh dunia, dia adalah Mark Zuckerberg . Dia dapat membuat situs facebook juga dalam usia mudanya.
Itu semua hanyalah sebagian dari para pemuda yang prestasinya gemilang ketika masa mudanya. Lalu bagaimana dengan pemuda di Indonesia ? Pemuda di Indonesia juga tak kalah hebat dengan mereka karena para pemuda Indonesia juga berperan dalam pembentukan negara ini, karena merekalah yang merencanakan penculikan golongan tua dan mendesak mereka agar segera mendeklamasikan kemerdekaan setelah tau bahwa kondisi Jepang sedang terpuruk pada saat itu. Bahkan nama pemuda juga dihargai di Indonesia. Taukah anda “ Sumpah Pemuda” ? Sumpah yang mengandung makna yang sangat dalam. Tapi mengapa di sebut sumpah pemuda bukan petua. Hal ini berhubungan dengan potensi dan komitmen pemuda yang luar biasa jika di arahkan pada suatu kebaikan.
Tapi bagaimana jika kita bandingkan pemuda – pemuda diatas dengan pemuda – pemudi yang ada pada kali ini, tentu akan terlihat rentang prestasi yang sangat besar antara keduanya. Tapi tidak hanya perbedaan prestasi yang dicapai, akan tetapi juga perbedaan moral yang sangat jauh. Jika dulu pemuda di jadikan nama sebuah sumpah yang berisikan kalimat yang bermakna nasionalisme yang dalam, kini hal itu jarang di temukan pemuda yang dapat menjadi seperti itu. Kini bahasa mereka tidak lagi sesuai dengan kaidah bahasa yang benar, perilaku merekapun bukan malah memberi perubahan malah menimbulkan berbagai kerusakan yang seharusnya tidak dilakukan oleh manusia dengan potensi sebesar itu.
Tapi tidak semua pemuda seperti itu, masih ada pemuda yang masih menghargai dirinya sendiri sebagai manusia yang berkaliber spesial karena jutaan potensinya dan mau menggunakan masa mudanya untuk menyebar manfaat seluas – luasnya.
Wallohua’alam Bishowab

H T Putra
hafizh.tp@gmail.com


[1] Maksudnya: Allah menidurkan mereka selama 309 tahun qamariah dalam gua itu (Lihat ayat 25) sehingga mereka tak dapat dibangunkan oleh suara apapun.
[2] Kedua golongan itu ialah pemuda-pemuda itu sendiri yang berselisih tentang berapa lamanya mereka tinggal dalam gua itu.
[3] Gudang ilmu disini adalah Rasulullah Saw.

0 komentar:

Posting Komentar

About Administrator

Foto Saya
Hafizh Tandiyanto Putra
Semoga apa yang saya postkan disini dapat bermanfaat bagi para blogger sekalian.
Lihat profil lengkapku

Silaturrahim Today

Reader Community