Kamis, 24 November 2011

Perut ?

Perut, adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang mempunyai urgensi yang tinggi dalam berlangsungnya kehidupan manusia. Baik dan buruknya manfaat perut dipengaruhi oleh para pemilik perut itu sendiri. Untuk itulah perlu kita adakan manajemen perut kita masing – masing, agar mengoptimalkan kerja tubuh kita.
Dalam islam sendiri sangat diatur dalam mempergunakannya. Umumnya organ ini adalah salah satu organ yang sangat penting yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan, oleh karena itukita juga ahrus menjaga pola makan kita jika kita ingin memanage perut kita. Dalam islam hal ini dijelaskan, bahwa pada perut manusia dibagi menjadi 3 bagian. Yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 yang lain untuk udara. Seperti apa yang disabdakan oleh rasul;

“ Tiadak ada satu wadah pun yang diisi oleh Bani Adam,lebih buruk daripada perutnya, cukuplah baginya beberapa suap, untuk memperkokoh tulang belakangnya agar dapat tegak. Apabila tidak dapat dihindari, baiklah sepertiga makanannya, sepertiga lagi minumannya, dan sepertiganya untuk nafasnya.”
(H.R. Timidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Ternyata itu benar aturan agar manusia tidsak berlebihan dalam makan memang suatu solusi yang baik. Karena ketika kita makan berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh kita sendiri, akan ada banyak penyakit yang timbul karena makan yang berlebihan. Karena itu pada suatu hadits pernah di jelaskan bahwa perut adalah sumber penyakit. Mengapa demikian? Padahal banyak yang kita makan akan banyak pula zat yang kita perolehkan? Jawabannya adalah tidak mengapa? Karena merunut saya jika terlalu banyak yang kita makan hal itu  akan menghalangi perut kita untuk mengambil sari-sari makanan yang ada dalam makanan yang kita makan, dan yang terjadi hanyalah ekskresi kita sajalah yang berlebihan. Tapi setiap tubuh manusia yang mampu mengolah makanan dengan baik, tapi itu juga kurang baik jika berlebih-lebihan. Karena itu dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Selin itu juga masih banyak lagi yang lain yang tentunya akan buat kita jaga perut kita.

Wallahua’lam Bisshowab

hafizh.tp@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

About Administrator

Foto Saya
Hafizh Tandiyanto Putra
Semoga apa yang saya postkan disini dapat bermanfaat bagi para blogger sekalian.
Lihat profil lengkapku

Silaturrahim Today

Reader Community