Selasa, 15 November 2011

Tips MelindungiFlashdisk Dari Virus


Virus..Makhluk menakutkan dari dunia digital yang kerjaannya merusak dan menghancurkan data.Emang repot kalo perangkat kita sudah terinfeksi oleh yang satu ini. Salah satu perangkat elektronik yang riskan terinfeksi virus adalah flash disk, terutama bagi yang flash disknya suka jajan (berganti-gantipasangan), hehehe..


Nah untuk melindungi flash disk dari virus ada sedikit tutorial untuk membuat flash disk agar kebal terhadap virus.. Mau coba ??
Ayo langsungpraktek :

1. Buatlah sebuah folder dalam flash disk, berinama “autorun.inf” (tanpatandakutip).

2. Di dalam folder yang barusaja di buattadi, buatlahsebuahdokumen notepad. Untukmembuatnyaklikkanan, pilih NEW, TEXT DOCUMENT, danberikansembarangnama (apasaja) untuk file yang di buattadi. Nama ini nantinya akan kita ganti dengan beberapa karakter khusus.

3. Setelahitu, buka program CHARACTER MAP yang ada di START, ALL PROGRAMS, ACCESORIES, SYSTEM TOOLS, dan CHARACTER MAP.

4. Setelah CHARACTER MAP terbuka, pilih font  yang embel2nya Unicode, seperti Arial Unicode atau Lucida Sans Unicode. Scroll kebawah sampai melihat huruf2 Jepang, Korea, Cina, ato karakter2 yang aneh.

5. Pilih 4 atau 5 karakter yang diinginkan, trusklik copy.

6. Ubah nama ato rename file teks yang telah di buatpadalangkah ke-2 diatas. Klikkananpada file tersebut, pilih rename, selanjutnya tekan [CTRL] + [V]. Jangan kaget bila nantinya akanmelihat karakter berbentuk tanda kotak2 saja. Ga papa kok, itu normal kok.

7. Selesaiii...

Mungkin anda semua bertanya2, kok bisa cara sesederhana itu, dan flash disk kita kebal virus?? Begini, Windows ga akan terima kalo ada 2 file yang mempunyai nama yang sama. Nah, karena di flash disk kita uda ada nama autorun.inf, file lain gaboleh lagi pake itu nama. Istilahnya sudah di hakpatenkan, jadi, gabisa di pakeoleh yang lain..Denganbegitu virus udah gabisa pakenama autorun.inf lagi

Lho, kalogabisadipake, kan virus bisamenghapussendiri file itu ?Trusbuatlagideh autorun.inf yang sesuai sama maunya itu virus ?? Nah, itulahgunanya file teks yang kita buat pake nama aneh tadi. Nama2 aneh itu dianggap  virus sebagai karakternya Windows, padahal itukan karakter unicode. Dan virus sendiri rata2 belum mendukung karakter unicode itu.Sampe botak juga itu virus ga akan bisa menghapusnya...

0 komentar:

Posting Komentar

About Administrator

Foto Saya
Hafizh Tandiyanto Putra
Semoga apa yang saya postkan disini dapat bermanfaat bagi para blogger sekalian.
Lihat profil lengkapku

Silaturrahim Today

Reader Community